Blog

Sektor 23 Dukung Gunung Wayang Jadi Tahura

KAB BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 23/Pembibitan mendukung rencana pemerintah pusat yang akan menjadikan kawasan Gunung Wayang menjadi Taman Hutan Raya (Tahura).

Hal itu diungkapkan Komadan Sektor 23 Kol Arh Wahyu Jiantono usai menerima menghadiri pertemuan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bandung dengan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutana (KLHK), Direktur Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan KLHK, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jabar, Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Kepala BBKSDA Jabar dan, Kepala BBWS Citarum di Ruang rapat Oryza Satavia Dinas Pertanian Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung Jalan Raya Soreang Km 17 Soreang, Kamis (9/12/2021).

“Dalam rangka mendukung percepatan pemulihan kawasan hulu DAS Citarum saya dukung rencana itu yang diawali dengan menyelenggarakan Lokakarya mengenai Rintisan Pembangunan Taman Hutan Raya (Tahura) Kawasan Gunung Wayang,”ucapnya.

Menurut Wahyu, Gunung Wayang merupakan kawasan strategis. Pemerintah daerah ingin ditingkatkan menjadi taman hutan raya agar lebih aman. Artinya petani menanam pakai pola agroforesty.

“Wilayah Gunung Wayang ini bisa dimanfaatkan oleh petani untuk digunakan sebagai lahan pertanian. Kopi, jahe merah, kunyit dan tak lupa dengan tanaman kayu keras serta bisa menjadi objek wisatawan,”ucapnya. (*)

1 Comment

2
1Comment
  • solehudin

    Kalau boleh, peta pembagian sektor citarum harum dapat di upload di situs ini. Karena selama ini kami cukup bingung sektor yang dimaksud itu wilayah mana saja

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.