Blog

Sektor 3 Bersama Warga Membangun Jalan Menuju Curug Roda

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 3 bahu-membahu membangun jalan menuju potensi wisata Curug Roda di Desa Mekarjaya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Jalan setapak menuju kawasan tersebut akan disulap menjadi jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat.
 
Untuk diketahui, Curug Roda merupakan Curug yang berada di DAS Citarum di Kecamatan Pacet.
 
Dansub Sektor 3 Serma Aso mengatakan, pihaknya dan masyarakat berinisiatif membuka akses menuju Curug Roda karena memiliki potensi yang menarik untuk jadi destinasi wisata di Kecamatan Pacet. Sayangnya, akses menuju Curug Roda tersebut hanya jalan setapak selebar 60 cm.
 
“Jalannya cukup panjang, 5 km. Kami ingin melebarkan jalan hingga 4 meter,” ujar Aso, Senin (16/8/2021).
 
Menurut dia, pengerjaan sudah dimulai sejak Sabtu kemarin. Pihaknya bersama warga bergotong-royong dengan alat alakadarnya membuka jalan agar dapat dilalui lebih leluasa.
 
“Kades Mekarjaya menyewa alat jack hammer selama 4 hari pas tanjakan berbatu. Lainnya kami gunakan alat blincong, linggis, dan pacul,” ujar Aso.
 
“Giat dilakukan gotong royong sama masyarakat bergantian setiap rw,” ucap dia melanjutkan
 
Saat ini, tambah Aso, kondisi jalan masih banyak yang bergelombang sehingga perlu diratakan kembali.
 
Sementara itu, Dansektor 3 Kolonel Kavaleri Hudiono mengatakan, pembangunan dilakukan bersama-sama sejalan dengan tradisi masyarakat gotong-royong yang melekat sejak zaman dahulu.
 
“Gotong-royong sudah mulai terkikis oleh budaya lain maka harus dibangkitkan kembali,” ujar dia.
 
Dia menambahkan, dalam kegiatan tersebut yang juga karya bakti, pihaknya melakukan komunikasi sosial program Citarum Harum. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.