Blog

Sektor 4 Tangani Longsor di Kampung Atirompe  

KABUPATEN BANDUNG – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 4 dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum meninjau longsor di Kampung Atirompe RT 02/13 Desa Majalaya, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Senin (24/10/2022).

Komandan Sektor 4 Kolonel Inf Mulyono HS menuturkan, berdasarkan informasi dari Dansub Majalaya longsor di Atirompe menyebabkan kerusakan di bantaran sungai.

Menurut dia, besar kemungkinan kerusakan di bantaran sungai dikarenakan arus sungai sangat deras membuat bantaran sepadan sungai tersebut tidak kuat menahan aliran sungai.

“Dari hasil pengamatan di lapangan memang terlihat beberapa titik terjadi longsoran dan retak-retak pada bantaran sungai sehingga perlu adanya pemeriksaan lebih lanjut oleh yang berwenang, apakah aman atau tidak. Jika tidak aman harus segera perbaiki atau dilakukan rehabilitasi,”ucap Dansektor Kol Inf Mulyono.

Namun untuk sementara, ruas menuju kawasan yang dilanda longsor tersebut ditutup untuk umum guna mengindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti longsor susulan.

Untuk mengantisipasi bencana tanah longsor serupa tidak terulang kembali, Dansektor 4 mengajak masyarakat yang berdekatan dengan sungai untuk berperan serta dalam melakukan kegiatan konservasi sungai. Di antaranya dengan menanam pohon di sempadan sungai.

Tak hanya itu, Kol Inf Mulyono berharap, upaya tersebut pun didukung peran serta dari semua pemangku kepentingan terkait mulai dari jajaran Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta seluruh komponen masyarakat.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.