Blog

Sektor 7 Citarum Harum Evakuasi Warga Terdampak Banjir

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 ikut terlibat dalam penanganan banjir yang menerjang Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, sejak Kamis (25/3/2021) kemarin. Saat ini kondisi genangan sudah mulai surut.

Untuk diketahui pada Kamis 25 Maret 2021 Pukul 20.30 WIB telah terjadi kejadian Banjir di Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang, Kecamatan Cicalengka,Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung setelah terjadi hujan deras.

Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano mengatakan, untuk di wilayah Sektor 7, wilayah yang terdampak hanya di Kelurahan Andir, dan Desa Dayeuhkolot.

“Ada sepuluh kampung yang tergenang dengan ketinggian mulai dari 110 cm hingga 30 cm. Bahkan di Jalan Kelurahan Andir Katapang ketinggian air 70 – 80   cm sempat tidak bisa dilalui kendaran” kata Jefson, Jumat (26/3/2021).

Adapun fasilitas umum yang tergenang yaitu SDN 1 kp. Jembatan dan enam masjid. Sementara untuk jumlah rumah sebanyak 3.850 rumah, 4.800 KK dan 10.250 jiwa.

Untuk Desa Dayeuhkolot, lanjut Jefson terdapat delapan kampung yang tergenang dengan ketinggian air 20 s/d 80 cm. Namun untuk dua ruas jalan di sana tepatnya di Jalan Raya Dayeuhkolot depan mesjid Ashofia  bisa dilalui kendaraan. Begitu pula Jalan raya depan Pabrik Metro garmen Dayehkolot bisa dilewati kendaraan roda dua maupun empat dengan lancar.

“Jumlah rumah yang tergenang air ada 987 rumah, 1.119 KK dengan total 3.660 jiwa,”ujar dia.

“Untuk yang mengungsi ada 12 KK atau 36 jiwa di Gedung PMI,”ucap dia melanjutkan.

Dia menambahkan, dalam upaya penanganan dampak banjir, pihaknya membantu evakuasi warga ke tempat pengungsian. Selain itu meminta para pengungsi agar tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Kami imbau warga untuk tetap menggunakan masker dan terapkan protokol kesehatan Covid -19,”ujarnya.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.