Blog

Sektor 7 Panen Jagung dan Ubi, Sektor 6 Panen Sereh Wangi

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum mulai memanen tanaman yang selama ini ditanam di bantaran Sungai Citarum bersama warga sekitar.

Di Sektor 7, mereka memanen jagung di Kampung Cupu Desa Rancamanyar dan ubi cilembu di Kampung Punclut Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Sementara di Sektor 6 memanen sereh wangi di Bojongsari pada Jumat (13/8/2021).

Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano mengatakan, panen jagung kali ini menghasilkan jagung 500 Kg dengan jenis jagung nya adalah jagung manis. Dansub Ranyamanyar Peltu Jumain memimpin langsung kegiatan panen jagung ini.

“Kurang lebih 3 bulan atau 90 hari masa mulai tanam, pemeliharaan sampai dengan panen. Dengan menggunakan pupuk cairan Bios 44 ini tanah menjadi gembur dan masa panen pun menjadi lebih cepat,”ujar dia.

Untuk ubi cilembu kali ini menghasilkan kurang lebih 150 Kg dan lama panen dari mulai tanam, pemeliharaan sampai dengan panen hampir 3 bulan atau 90 hari.

“Dari hasil panen tersebut tampak ada satu ubi memiliki bobot atau beratnya mencapai 1,085 Kg,”ucap dia.

Panen ubi cilembu maupun jagung saat itu dibagikan kepada para Relawan Citarum dan warga masyarakat sekitar.

Sementara itu di sektor 6, melaksanakan panen tanaman sereh wangi yang akan disuling menjadi minyak sereh wangi. Koptu Asep Heryanto sebagai komandan sub 2 bojongsari sektor sektor 6, menggerakan anggotanya dan gober (gotong royong bersama) melakukan panen sereh wangi yang nantinya akan dibawa ke daerah Lembang untuk dilakukan penyulingan menjadi minyak kesehatan.

“Selain untuk perapihan bantaran sungai, hasil panen akan di bawa ke tempat penyulingan di daerah lembang,”ucapnya.

Dia menambahkan, tanaman sereh wangi berguna untuk memperkokoh bantaran atau pinggiran sungai karena sifat akar yang mengikat tanah.

“Selanjutnya tanaman ini akan tumbuh lagi dan panen berikutnya kurang lebih menunggu waktu selama 1 bulan kemudian,”ucap dia.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.