Blog

Sektor 7 Peringati Hari Pangan Sedunia

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day diperingati setiap tanggal 16 Oktober oleh seluruh masyarakat dunia.

Sesuai dengan tema yang diangkat Food and Agriculture Organization (FAO) 2021, yaitu “Our Actions are Our Future – better production, better nutrition, a better environment and a better life”. Tindakan Kita, Masa Depan Kita, Untuk Produksi Gizi, Lingkungan Dan Kehidupan Yang Lebih Baik.

Sesuai tema tersebut Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam upaya memperkuat ketahanan pangan. Kontribusi tersebut tak hanya untuk lingkup daerah atau nasional, tapi juga dunia.

“Petani yang bekerja setiap hari menyediakan makanan buat kita adalah pahlawan pangan. Tapi kita pun bisa turut membantu mereka untuk menjaga ketahanan pangan. Kita semua bisa menjadi pahlawan pangan,” tutur Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/10/2021)

Berbicara tentang ketahanan pangan, lanjut sia, Sektor 7 Satgas Citarum sudah menyiapkan semua, dengan memanfaatkan bantaran Sungai Citarum sebagai media untuk bercocok tanam atau berkebun dalam meningkatkan ketahanan pangan bagi warga masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai.

“Bagi warga masyarakat yang tinggal di wilayah Sektor 7 dapat memanfaatkan lahan untuk ditanami, oleh karenanya Sektor 7 Satgas Citarum bersama warga masyarakat memanfaatkan bantaran Sungai Citarum sama-sama untuk menanam, sama-sama untuk merawat dan sama-sama untuk memetik hasilnya”ucapnya.

Seperti halnya, Sub Andir Sektor 7 bersama KWT (Kelompok Wanita Tani) yang terdiri dari Ibu-ibu RW 02 Kampung Parunghalang Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan panen pakcoy, sawi dan panen ikan lele.

“Sudah menjadi protap bagi Sub Andir yang dipimpin oleh Pelda Dodi Daodi selalu mengajak ibu-ibu mulai menanam, merawat sampai dengan pelaksanaan panen. Panen kali ini menghasilkan 70 Kg sayuran pakcoy dan sawi serta panen 30 Kg ikan lele,” ucapnya.

Menurut dia, begitu antusiasnya sekitar 20 orang Ibu-ibu KWT bersama anggota Sub Andir dan Relawan Citarum memetik hasil sayuran pakcoy dan sawi. Hasil panen selain dibagi-bagi kepada Ibu-ibu KWT yang hadir juga dibagi-bagi warga masyarakat yang belum sempat ikut panen.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.