Blog

Sektor 7 Revitalisasi Taman Sangkuriang

Satuan Tugas Citarum Harum memiliki sejumlah Taman Icon Satgas Citarum di sepanjang bantaran sungai. Salah satunya di Sub Sektor Rancamanyar. Di sana terdapat Taman Sangkuriang yang memanfaatkan bantaran Sungai Citarum untuk dijadikan Taman sekaligus sebagai Icon.

Dulunya, sebelum ada Satgas Citarum, Taman Sangkuriang adalah tempat pembuangan sampah dan juga terdapat bangunan-bangunan liar berdiri di sepanjang bantaran sungai.

Kehadiran Satgas Citarum Sektor 7 dengan kerja kerasnya dapat memberi warna melalui ditertibkannya bangunan-bangunan liar yang kumuh tersebut agar tidak terlihat kembali dan tumpukan sampah-sampah yang berserakan juga tidak terlihat lagi.

Alhasil tadinya tempat sampah dan kumuh kini menjadi Icon di Sub Rancamanyar sebagai Taman Sangkuriang yang bersih, sehat dan nyaman.

Komandan Sektor 7, Kolonel Infanteri Jefson Marisano mengatakan, seiring dengan intensitas pemanfaatan taman pihaknya perlu melakukan revitalisasi taman dengan pengecatan.

“Dengan dicatnya kembali Icon Taman Sangkuriang ini maka taman terlihat cerah kembali ada daya tarik tersendiri lewat taman tersebut untuk mampir atau singgah,” ujar dia, Senin (21/6/2021).

“Sangat disayangkan bila melintasi atau melewati tidak singgah ke Taman Sangkuriang yang berlokasi di Kampung Punclut Desa Rancamanyar Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung ini,” tuturnya melanjutkan.

Di taman tersebut terdapat Kuliner Pinggir Sungai. Selain itu ada suguhan pemandangan kebun di bantaran sungai yang ditanami daun bawang, kol, wortel, kacang tanah, ubi jalar, kacang hijau, kacang merah, cabe dan terong. Kemudian ada tanaman hidroponik seperti pakcoy, sawi dan kangkung, serta ada juga budi daya ikan seperti ikan patin, ikan lele dan ikan nila.

“Taman Sangkuriang ini juga sering digunakan untuk kegiatan Senam setiap hari Minggu pagi, tempat belajar di luar ruangan bagi anak-anak SD, tempat kegiatan bermain anak-anak dan tempat santai,” ujar dia. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.