Blog

Sektor 7 Satgas Citarum Edukasi Warga Soal Vetiver

KAB. BANDUNG – Sektor 7 Sub Andir adalah salah satu wilayah yang sering terjadi banjir karena turun hujan yang begitu lama dan juga luapan debit air Sungai Citarum meningkat serta habisnya tanah bantaran karena terkikis air sungai secara instan.

Oleh karenanya Sub Andir perlu memberikan edukasi kepada warga masyarakat tentang pentingnya penanaman Vetiver agar bantaran sungai tidak longsor dan terkikis habis oleh air sungai.

Dansub 05 Sektor 7 Serma Emil mengajak warga RW 03 Kampung Parunghalang Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung melaksanakan kerja bakti, Kamis (25/11/2021). Saat itu mereka melakukan pembabatan rumput di bantaran sungai, membuka lahan baru untuk penanaman di bantaran sungai, pemberian edukasi tentang penanaman Vetiver dan dilanjutkan dengan penanaman nya di pinggiran bantaran sungai.

Perlu diketahui bahwa wilayah Kampung Parunghalang berdekatan dengan proyek pembangunan Kolam Retensi Andir dan pembangunan Polder Cisangkuy. Yang mana diperkirakan pembangunan tersebut selesai di akhir Desember Tahun 2021.

“Memang dilihat dengan adanya proyek pembangunan Kolam Retensi, Polder-polder dan tanggul beton tersebut diharapkan wilayah Andir aman dan bebas banjir, namun demikian bantaran sungai juga perlu diperhatikan terkait longsoran yang terkikis air sungai sehingga perlu upaya penanaman rumput vetiver di bantaran sungai,”ujar dia.

Menurut dia, upaya penanaman vetiver ini tentunya perlu bibit vetiver, sehingga bibit vetiver diambil dari vetiver-vetiver yang sudah tertanam sebelumnya pada tahun 2020. Dan awal tahun 2021 yang tumbuh dengan baik dan lebat di pinggir bantaran Sungai Citarum kemudian ditanam kembali dan dipelihara agar tumbuh subur.

Terlihat anggota Sub 05, para Relawan Citarum dan warga masyarakat RW 03 Kampung Parunghalang dengan semangat dan tidak mengenal lelah menanam vetiver setelah mendapatkan edukasi penanaman rumput vetiver.

Untuk diketahui, vetiver adalah tanaman sejenis rumput. Diketahui bahwa tanaman rumput vetiver ini sangat memberikan dampak instan mencegah adanya longsor akibat terkikisnya air sungai. Mengapa demikian, dikarenakan tanaman rumput vetiver ini memiliki akar yang panjang dan mencengkeram dengan kuat ke dalam tanah.

Apabila sudah tumbuh dengan baik maka bibitnya bisa diambil dan ditanam kembali. Daya cengkeraman nya bisa sampai 2,5 meter – 3 meter ke dalam tanah, sehingga tanah yang terkikis oleh air tidak akan longsor karena ada tanaman rumput vetiver menahannya. (*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.