Blog

Sektor 7 Satgas Citarum Menerima Kunjungan Bappenas RI di Kolam Retensi Andir

KAB BANDUNG – Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano menerima kunjungan lapangan Tim Bappenas RI ke wilayah Sektor 7 Satgas Citarum tepatnya di Kolam Retensi Andir di Kelurahan Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung Kamis (18/11/2021).

Adapun maksud dan tujuan Tim Bappenas RI ini adalah dalam rangka pemantauan RKP 2021 dan pemuktahiran RKP 2022.

Kegiatan kunjungan lapangan Tim Bappenas RI dapat berjalan lancer. Rombongan berkeliling Kolam Retensi sepanjang 1,2 Km dengan anggota Sektor 7 Satgas Citarum menggunakan sepeda motor.

“Rombongan Tim Bappenas RI tiba sekitar pukul 15.00 di Kolam Retensi Andir selanjutnya menerima paparan singkat dari BBWS tentang pembangunan Kolam Retensi Andir dan lima Polder yang saat ini sedang berjalan pembangunannya,”ujar Jefson.

Diakui dia, pihaknya juga menyampaikan paparan singkat tentang keberadaan Sektor 7 Satgas Citarum terhadap adanya pembangunan Kolam Retensi dan 5 Polder dapat meminimalisir bencana Banjir di wilayah Kelurahan Andir dan wilayah Desa Dayeuhkolot.

“Perlu diketahui bahwa adanya Kolam Retensi Andir ini dibangun di lahan seluas 4,85 hektare dengan luas daerah tangkapan air (catchment area) 148,78 hektare, luas genangan 2,75 hektare, serta volume tampungan hingga 137,500 meter kubik. Kolam Retensi Andir dirancang untuk mampu menampung genangan banjir sebanyak kurang lebih 137 ribu meter kubik,”ucapnya.

Banjir yang biasa menggenangi wilayah Dayeuhkolot dan Andir, sambung Jefson, nantinya bisa diserap oleh Kolam Retensi dan bisa dipompa kembali ke sungai setelah kondisi normal.

“Pembangunan Kolam Retensi Andir telah mencapai 85 persen. Kolam retensi tersebut ditargetkan selesai di akhir Desember 2021. Kolam Retensi Andir ini diharapkan mampu mereduksi dampak banjir yang sering kali melanda di wilayah Andir,”ujarnya.

Sementara itu, hadir dalam Kunjungan Lapangan adalah Taufik Hanafi Deputi Bidang Pemantauan Evaluasi Dan Pengendalian Pembangunan, Budhi Santoso Perencanaan Ahli Utama Kedeputian PEPP, Kolonel Inf Jefson Marisano S.I.P Dansektor 7 Satgas Citarum Harum, Kolonel Arh Herman Toni Dansektor 6 Satgas Citarum Harum, Letkol Inf Himawan Pabandya Bakti TNI Sterdam III/Slw, Mayor Inf Sigried W. Panaha Pabandya Komsos Sterdam III/Slw, Joko Kepala Bidang Operasional Dan Pemeliharaan (BBWS) Beserta Rombongan, Muh. Zaki Project Manager PT. Adikarya Beserta Rombongan, Eko Pristono koordinator Sekretariat Satgas Citarum.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.