Blog

Sektor 7 Siap Kembalikan Marwah Sungai Citarum dengan Penanaman Pohon Tarum

KABUPATEN BANDUNG – Menangani Sungai Citarum memiliki tantangan tersendiri. Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 kerap belanja masalah terutama aksi yang belum dilaksanakan Komandan Sektor sebelumnya.

Demikian diungkapkan Komandan Sektor 7, Kolonel CAJ (K) Nurjanah Suat ketika ditemui di Jembatan Cilampeni, Kabupaten Bandung, Senin (28/11/2022).

“Kalau saya ingin mengungkap dulu itu air sungai bersih, dulu digunakan kebutuhan sehari-hari dan kami ingin kembali pada sejarah, mengapa dinamakan sungai ini dinamakan Citarum,”ucapnya.

Citarum merupakan perpaduan nama Ci yang berarti air dan Tarum, bunga ungu atau nila yang daunnya bisa digunakan pakan hewan sedangkan bunganya untuk membatik atau warnai ulos.

“Ini besar sekali manfaatnya,”ucap dia.

Dengan demikian, salah satu program Sektor 7, pihaknya akan menyemai bibit bunga tarum sebanyak 1.500 bibit yang akan mereka semai dan besarkan, lalu akan ditanam di sepanjang Sektor 7.

“Banyangkan 1.500 pohon kami igin kembalikan marwah Sungai Citarum dengan menanami bunga tarum sesuai dengan namanya yaitu Cungai Citarum,”ujarnya.

Diakui Dansektor, saat ini bibitnya serentak telah dikirim keseluruh subsektor.

“Kalau sudah cukup subur kami akan infokan ke masyarakat kami akan kembalikan marwah Citarum dengan menanam pohon tarum,”katanya.

Selebihnya, Sektor 7 meminta ke dansub dan gober agar tidak bosan mengabdi karena sekecil apapun perbuatan atau pekerjaan menangani Citarum ini akan menjadi amal ibadah.

“Soal sampah ini memang bukan tugas kami, kami turut membantu, mengontrol dan mengkamapanyekan agar masyarakat turut menjaga Sungai Citarum dengan tidak buang sampah ke sungai atau sembarangan agar Sungai Citarum terpelihara selalu,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.