Blog

Sektor 7 Sub 01 dan Sub 06 Satgas Citarum Tanam Vetiver

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 melakukan penanaman rumput vetiver di sepanjang sempadan Sungai Citarum. Hal itu guna meminimalisir adanya pergerakan tanah.

Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano menuturkan, beberapa bulan yang lalu, Sektor 7 Satgas Citarum Harum menanam rumput Vetiver sekitar kurang lebih 8.000 bibit Vetiver yang merupakan bantuan dari Citarum Care–Vetiver Indonesia. Bibit vetiver tersebut sudah ditanam di bantaran Sungai Citarum wilayah Sub 01, Sub 03, Sub 05, Sub 07, Sub 08 dan Sub 09 jajaran Sektor 7 Satgas Citarum.

“Tanaman rumput vetiver ini saat ini telah tumbuh dengan baik dan sangat memberikan dampak instan mencegah adanya longsor akibat terkikisnya air sungai. Vetiver memiliki akar yang panjang dan mencengkeram dengan kuat ke dalam tanah,”ujar dia, Jumat (3/9/2021).

Sub 01 dan Sub 06 Sektor 7 Satgas Citarum kini memelihara dan merawat tanaman vetiver tersebut. Tanaman vetiver terlihat tumbuh luar biasa subur dan lebat serta sehat.

Jefson Marisano memerintahkan jajaran Sub-sub Sektor agar selalu memelihara tanaman rumput Vetiver dengan memangkas atau memotong, merapikan tanaman rumput Vetiver yang berada di bantaran Sungai Citarum.

“Tanaman Vetiver bagi Sungai Citarum dinilai sebagai salah satu jenis tanaman yang berguna untuk mencegah longsor. Selain itu, tanaman ini pun bisa mereduksi dampak pencemaran limbah yang sangat berbahaya,”ucap dia.

Dansub 01 Sektor 7 Serma Erfin di Dayeuhkolot dan Dansub 06 Sektor 7 Serda Subagyo di Bojongmalaka menyebutkan bahwa tanaman Vetiver ini ditanam pada awal Tahun 2020 dan ada yang ditanam sekitar Maret 2021 terlihat dengan kondisi saat ini sangat subur dan lebat tertanam di bantaran Sungai Citarum, sudah terbukti bahwa dapat mencegah erosi, mencegah terkikisnya tanah bantaran sungai dan bisa menghambat bila terjadi banjir bandang.

“Kini kami anggota Sub Sektor dan dan para Relawan Citarum merawat, memelihara, memangkas dan merapikan tanaman vetiver yang ada di bantaran sungai wilayah kami,”ujar dia.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.