Blog

Sektor 7 Sub 04 Andir Atasi Sampah di Sungai Cisangkuy

KABUPATEN BANDUNG – Sektor 7 Satgas Citarum memiliki tantangan tersendiri dalam memberantas sampah di wilayahnya. Salah satu tantangannya adalah keberadaan anak-cucu Sungai Citarum satu di antaranya Sungai Cisangkuy.

Sungai Cisangkuy merupakan aliran sungai dari arah Pengalengan yang bermuara di wilayah Sektor 7 tepatnya Kampung muara Kelurahan Andir.

Tentunya dengan kondisi seperti inilah masih ada sebagian warga masyarakat yang belum sadar dengan sengaja membuang sampah di anak Sungai Cisangkuy sehingga di saat hujan sampah-sampah tersebut terhenti di jembatan Cisangkuy.

Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Kavaleri Sugiono menuturkan, pihaknya telah memberikan instruksi kepada Dansub Andir untuk mengadakan pembersihan anak Sungai Cisangkuy, Rabu (16/3/2022).

“Kegiatan bersih-bersih ini diberantas langsung oleh anggota Sub Sektor 04 Andir serta Para Relawan Citarum. Dengan melakukan kegiatan pembersihan dan pengangkatan sampah,” ujarnya.

Dikatakan Sugiono, di wilayah Sektor 7 Satgas Citarum mempunyai 2 anak sungai besar yang aliran airnya menuju Sungai Citarum yakni anak Sungai Cisangkuy yang aliran airnya dari daerah Pengalengan dan anak Sungai Citepus yang aliran airnya dari daerah Kota Bandung.

“Dua anak sungai tersebut apabila musim hujan seperti saat ini sudah dipastikan membawa sampah yang langsung menuju Sungai Citarum,”tuturnya.

Seperti yang terjadi di anak Sungai Cisangkuy yang berada di wilayah Sub Sektor 04 Andir aliran airnya membawa sampah dan sampah terhenti di jembatan Cisangkuy.

“Hal ini bila dibiarkan maka akan terjadi banjir di wilayah Kelurahan Andir,” ujarnya.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.