Blog

Sektor 9 Intens Edukasi Ibu-ibu Rumah Tangga Tuntaskan Sampah di Rumah  

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 9 melibatkan para ibu rumah tangga di sekitar DAS Citarum di Kecamatan Ngamprah dan Padalarang, Kabupaten Bandung, Kamis (4/8/2022).

Dansub 3 Sektor 9 Sertu Kholid mengatakan, ibu-ibu rumah tangga perlu dilibatkan terutama dalam melakukan pemilahan sampah agar sampah tidak dibuang langsung ke TPA atau bahkan ke sungai.

“Sampah organik rumah tangga dapat diolah kembali menjadi pupuk sedangkan untuk plastik bisa ditabung di bank sampah atau memudahkan para pemungut sampah agar dapat langsung dijual,”tuturnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menekankan budaya mengurangi sampah plastik dari rumah. Misalnya membawa kantong belanja maupun wadah sendiri jika berbelanja atau membeli makanan.

Menurut dia, sosialisasi Program Citarum Harum dan juga edukasinya menjadi kegiatan rutin di Subsektor 3.

Sementara itu, di Subsektor 1 Kecamatan Cihampelas/Cililin, Satgas Citarum kembali membersihkan sampah dan eceng gondok di seputaran Saguling.

Dansektor 9 Kolonel Inf Akhmad Yani mengungkapkan bahwa upaya tersebut akan terus dilakukan. Tak henti-hentinya satgas tanpa bosan harus menunaikan dan menuntaskan tugasnya.

“Tak ada kata lelah untuk menunaikan tugas negara,”ujarnya.

Dengan dilaksanakannya karya bakti pembersihan bersama masyarakat, diharapkan pembersihan akan cepat selesai.

“Walau terlihat agak sulit untuk mencapai hasil maksimal, namun sikap optimis harus ditanamkan agar resolusi yang diharapkan dapat terealisasi,” ucapnya. (*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.