Blog

Sektor 9 Lakukan Sosialisasi Pada Peternak Sapi

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 9 Subsektor 2 melakukan komunikasi sosial kepada pelaku peternakan sapi di Kampung Cigorowong, Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (17/5/2022).

Dansubsektor 2 Serka Dullah bersama anggota lainnya melakukan pengecekan ke peternakan sapi milik salah seorang warga di Kp Cigorowong, Desa Pangauban RT 01 RW 03, Batujajar.

“Pelaksanaan patroli dan pengecekan ke peternakan sapi ini untuk memastikan bahwa kotoran hewan (kotoran sapi) tidak dibuang begitu saja ke Sungai Citarum,” katanya.

“Akan lebih baik jika ada tempat penyulingan kotoran hewan. Karena kotoran hewan (Kohe) bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kandang maupun briket, serta gas alami,”ujarnya menambahkan.

Sementara itu, subsektor 1 wilayah Kecamatan Cililin/Cihampelas melaksanakan komunikasi sosial, patroli, dan sosialisasi KJA.

Dansubsektor 1 Peltu Akhmad mengatakan, komunikasi sosial tersebut diarahkan ke petani Keramba Jaring Apung (KJA) milik salah satu warga di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Cihampelas, Kab Bandung Barat.

“Kali ini kami melaksanakan komunikasi sosial kepada petani KJA dengan luas KJA 4 unit. Komunikasi sosial ini bertujuan untuk memberi kesadaran kepada petani KJA agar bisa menjaga kebersihan di area KJA dan tidak menambah jumlah jaring apung lainnya,”ucapnya.

Sebelumnya, pada hari Senin kemarin pihaknya melaksanakan karya bakti pembersihan serta pembabadan rumput liar, pengangkatan eceng gondok, serta pengangkatan sampah lokal, Senin (16/5/2022).

Dikatakan Dansubsektor 1, Peltu Akhmad bahwa giat karya bakti ini berupa pembersihan area bantaran sungai, rumput-rumput liar dan sampah yang sekiranya mengganggu dibersihkan.

“Agar bisa bermanfaat, rumput-rumput liar yang dibersihkan ini juga dibuat pupuk alami yang bermanfaat untuk tanaman,” kata Peltu Akhmad.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.