Blog

Sektor 9 Lestarikan Tumbuhan Tarum

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Keberadaan Sungai Citarum saat ini diharapkan bisa kembali seperti dulu, terbebas dari sampah maupun limbah. Dulu, pinggiran sungai Citarum banyak ditanami tanaman Tarum. Tanaman penghasil warna biru ini menghasilkan zat pewarna alami yang banyak diekspor ke luar Negeri.

Terkait hal itu Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 9 subsektor 4 pembibitan melaksanakan giat penyiangan tanaman pohon keras yang berlokasi di Bantaran Waduk Saguling, Kp Neglasari, Desa Galanggang, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (3/6/2022).

Giat yang dipimpin oleh Dansub 4 pembibitan Serka Agus ini bermaksud untuk membersihkan tanaman yang sakit, mengurangi persaingan penyerapan hara, mengurangi hambatan produksi anakan, dan mengurangi persaingan penetrasi sinar matahari.

“Pamor tanaman Tarum kini merosot, bahkan hanya tinggal sejarah karena munculnya zat pewarna kimia yang banyak diproduksi pabrik. Bukan tidak mungkin, jika pamor tanaman Tarum ini kembali digaungkan oleh masyarakat sekitar, dengan cara kembali menanam tanaman Tarum. Jika sudah difungsikan kembali, otomatis keberadaan sampah di sungai bisa terkontrol,”ucapnya.

Sementara itu, Subsektor 3 wilayah kecamatan Padalarang/Ngamprah melakukan giat pembersihan sungai dimaksudkan untuk mengangkat sedimentasi, pembersihan sampah serta pembersihan rumput liar. Upaya ini akan terus berlangsung selama program Citarum Harum berlangsung.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.