Blog

Sektor 9 Sosialisasi KJA Sistem Aquaponic  

KABUPATEN BANDUNG BARAT – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 9 Subsektor 1 Wilayah Kecamatan Cihampelas/Cililin bersama ketua paguyuban keramba jaring apung (KJA) wilayah Mekarmukti, melakukan sosialisasi terkait KJA Aquaponic di Kp Sukatani RT 03/05 Kecamatan Cililin, Senin (1/08/2022).

Dansektor 9 Kolonel Inf Akhmad Yani menuturkan, penanggulangan KJA terpantau baik karena hadir solusi yang tepat untuk mengatasinya.

“Untuk mengatasinya, KJA sistem akuaponik atau KJA SMART mulai diterapkan di waduk-waduk. KJA Smart merupakan teknologi budidaya ikan di dalam KJA yang ramah lingkungan sehingga mampu mencegah dan mengendalikan pencemaran,”ujarnya pada media.

Tidak dipungkiri, salah satu sumber pencemaran di Waduk Saguling adalah KJA yang menghasilkan sisa pakan dan sisa metabolisme ikan yang menjadi sumber pencemaran.

Saat ini, KJA model ini dikembangkan oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM).

SMART merupakan singkatkan dari Sistem Manajemen Air dengan Resirkulasi dan Tanaman. Teknologi ini mengadopsi sistem akuaponik yang sudah dimodifikasi sehingga bisa diterapkan di waduk dan danau.

“Prinsip kerja resirkulasi air pada KJA memanfaatkan tumbuhan sebagai fitoremidator dan filterisasi yang dapat memperbaiki kualitas air. Ini merupakan salah satu solusi yang bisa diterapkan, ” tuturnya.

Dansub 1 Peltu Ahmad menuturkan, sosialisasi bertujuan untuk membersihkan serta menata kembali KJA.

“Disamping itu, juga mendata KJA agar tertib dan terkoordinir, tidak membentuk atau menambah KJA baru,” ucapnya pada media.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.