Blog

Sektor 9 Ubah Lahan Tidur Jadi Demplot Sayuran dan Tanaman Keras

KAB.BANDUNG BARAT-Satgas Citarum Harum Sektor 9 terus berupaya dalam mewujudkan program Citarum Harum, bukan hanya sungai-sungai, lahan tidur di sekitar bantaran sungai turut diperhatikan. Seperti yang digalakan oleh tim Satgas Citarum Harum Sub 1 Cihampelas Pada Selasa (24/8/2021).

Lahan tidur yang semula dijadikan pembuangan sampah, kini dijadikan lahan produktif. Dimaanfaatkan menjadi taman dan lahan produktif dengan ditanami sayuran dan pohon keras. Dansub sektor 1/Cihampelas Peltu Akhmad mengatakan, dalam lahan tidur tersebut pihaknya membuat Demplot (Demonstration Plot) ketahanan pangan agar bisa dinikmati oleh masyarakat. Demplot berfungsi untuk memanfaatkan pekarangan sebagai lahan budidaya, sebagai upaya menjaga ketahanan pangan dari pekarangan.

“Kegiatan ini merupakan inisiasi Dansektor 9 Citarum Harum dalam membuka lahan demplot dan ketahanan pangan. Salah satu tujuannya adalah menjadi sarana edukasi bagi warga dan petani setempat, selain itu diharapkan kedepannya bisa juga menjadi tempat agrowisata yang bisa menjadi sumber penghasilan perekonomian warga,”ujar dia.

Saat itu, giat dimulai pukul 08.00 s/d 15.00 WIB dengan apel pagi yang dilaksanakan di Taman Icon Sub 01/Cihampelas, Kab Bandung Barat. Selain kegiatan pemeliharaan tanaman (Demplot), Kegiatan juga berupa pelaksanakan karya bhakti pembersihan rumput liar dan pengangkatan sampah. Rumput Liar yang dihasilkan sebanyak ± 4.8 m³, serta sampah yang diangkat sebanyak ± 13,2 m³.

“Rumput liar ditumpuk dan sampah diangkat ke pinggir sungai setalah kering dibakar,”ujarnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.