Blog

Serka Eri Krisyana: Utamakan Tugas, Apresiasi Adalah Bonus

Kab. Sumedang — Aksi personel Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 pada Oktober 2020 sempat menghebohkan jagat maya. Adalah Serka Eri Krisyana yang melakukan aksi menantang dengan masuk pada saluran air atau got yang tengah meluap di Jalan Raya Parakanmuncang, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Saat itu lelaki 35 tahun itu masuk got dan sempat berkali-kali menyelam mengambil sampah yang menyumbat aliran air. Dengan masih menggunakan pakaian dinas lapangan (PDL), Eri mengambil sampah yang menyumbat hingga tuntas sehingga tidak terjadi lagi luapan dan air di saluran mengalir lancar.

Atas keberaniannya tersebut, satu tahun lebih berselang, Eri mendapatkan apresiasi dari petinggi TNI.

Dikutip dari instagram @kodamsiliwangi, “Serka Eri Krisyana anggota Kodam III/Siliwangi, rela masuk got demi membersihkan sampah pada hari Sabtu, tanggal 24 Oktober 2020 di sekitar Jalan Raya Parakanmuncang, Desa Sindanggalih saat saluran air tersebut tersumbat, akhirnya mendapatkan penghargaan dari KASAD sesuai No. KEP 873/XII/2021.” yang diunggah pada 25 Januari 2021 lalu.

Kepada tim Humas Satgas Citarum, Eri menuturkan, dirinya tidak menyangka bahkan tidak mengharapkan mendapatkan perhargaan tersebut. Aksinya yang sempat viral pada tahun 2020 itu murni merupakan bagian tugas mereka sebagai abdi negara yang tengah melakukan operasi penanganan masalah lingkungan di kawasan anak Sungai Citarum.

“Ya saat itu kami sehabis pulang menjalankan tugas rutin, kemudian melihat sekumpulan warga tengah sibuk bersihin selokan waktu hujan karena airnya meluap ke jalanan dan pertokoan. Ya itu aksi spontan kami, naluri kami untuk menolong warga,”ujar bapak dua anak itu, Selasa (1/2/2022).

Dikisahkan Eri, saat itu dia tidak memikirkan soal ketakutan atau jijik karena masuk got penuh dengan air dan sampah. Yang penting mereka saat itu bisa membantu warga dan memang solusi saat itu mau tidak mau dia harus turun langsung ke pusat sumbatan agar air dapat mengalir. Dan seperti dugaannya, sampah yang menyumbat menjadi musabab luapan air tersebut.

“Saya juga tidak asal nyebur langsung, memikirkan juga sisi keamanan saya misalnya dengan menggunakan sepatu boot saat itu ya langsung menyelam mengambil sampah yang menyumbat,”ucap lelaki asal Majalengka itu.

“Lahaula (walakuwata illabillah), pikiran saya spontanitas saja, enggak ada niatan untuk viral karena memang apa yang kami kerjakan itu tugas yang mudah dikerjakan dan sudah biasa kami kerjakan tidak pas di Cimanggung saja cuma kebetulan aja viral,”ujarnya melanjutkan.

Menurut dia, bahkan beberapa saluran air ada yang jauh lebih kotor seperti di Cibeubsi dan Ciburaleng Sumedang.

Saat ini, Eri yang berpindah tugas di Soreang Kabupaten Bandung masih tetap menjalankan amanah Satgas Citarum Harum melalukan sosialisasi pada masyarakat dan turut menangani kelancaran aliran anak Sungai Citarum.

Dengan adanya penghargaan tersebut, Eri berharap hal itu menjadi motivasi dirinya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat juga dan jika menjadi inspirasi bagi yang lain Eri pun sangat bersyukur.

“Sebenernya malah berat dapat penghargaan, tapi tetap saya haturkan terima kasih untuk pimpinan kami dan Alhamdulillah,”pungkasnya.(*)

No Comment

2
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.