Blog

Situ Ciburuy Direncanakan Jadi Etalase Citarum, Tim Ahli Ingatkan Soal Sumber Air

KOTA BANDUNG – Situ Ciburuy yang terletak di Padalarang Kabupaten Bandung Barat direncanakan sebagai salah satu etalase Citarum. Sejumlah persiapan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat, Balai Besar Wilayah Sungai Citarum dan Satuan Tugas Citarum Harum.

Pemdaprov Jabar saat ini tengah melakukan revitalisasi Situ Ciburuy yang dalam waktu dekat akan diluncurkan kembali pada masyarakat.

Supardiyono Sobirin, Anggota Tim Ahli PPK DAS Citarum mengatakan, pihaknya mendukung Situ Ciburuy untuk dijadikan etalase Citarum. Namun ada yang harus diperhatikan yaitu terkait dengan sumber air situ agar tetap stabil, tidak mengering terlebih ketika musim kemarau tiba.

“Saya pribadi itu setelah semua infrastruktur disiapkan. Namun ada satu hal yang sangat penting yaitu sumber airnya,” ujar Sobirin usai Rapat penataan kawasan wisata Situ Ciburuy sebagai etalase Citarum secara daring, Rabu (18/5/2022).

Berdasarkan hasil identifikasi di lapangan, di sekitar Situ Ciburuy terdapat beberapa sumber mata air. Namun perlu didukung dengan infrastruktur saluran yang memadai. Adapun potensi sumber mata airnya yaitu dari irigasi Cihaliwung kemudian dari tiga anak Sungai Citarum yaitu Cimeta, Cimenteng dan Cimanggu.

“Oleh sebab itu di sini perlu sekali koordinasi antara dinas sumber daya air atau irigasi, dinas tata ruang Bandung Barat dengan provinsi agar menjaga debit air situ seimbang,”ucapnya.

Sobirin pun mengingatkan pentingnya kolaborasi antar kedua daerah yaitu pemdaprov Jabar dan juga Pemkab Bandung Barat dalam pengelolaannya nanti. Selain itu juga menekankan peranan etalase yang meliputi tiga hal yaitu apa yang bisa dilihat di tempat tersebut, apa yang bisa dilakukan di tempat tersebut dan apa yang bisa dibeli dari tempat tersebut.

Perwakilan Bappeda Jabar, Wahyu mengatakan, harus ada kolaborasi dalam proses penataan Situ Ciburuy dan harus diikuti oleh program-program yang ada di renaksi Citarum agar masyarakat bisa menikmati dari segi ekonomi maupun edukasinya.

“Untuk peresmian dan persiapannya, saat ini jalan akses sedang di perbaiki, jika perlu persiapan yang lain kita perlu diskusi lagi. Kami juga sudah melakukan sosialisasi dengan masyrakat sekitar,”ucapnya. 

Selanjutnya, dari hasil rapat tersebut tim akan kembali melakukan kunjungan lapangan guna memastikan kesiapan Situ Ciburuy kembali dibuka untuk masyarakat umum.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.