Blog

Sub 6 dan 8 Sektor 22 Bersihkan Anak Sungai Citarum

KOTA BANDUNG-Musim hujan tak menyurutkan Satgas Citarum Sektor 22 Sub 6 membersihkan aliran Sungai Cikendal, Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung. Rabu (10/11/2021). Hal ini sesuai tugas yang diamanahkan oleh Perpres No 15 Tahun 2018 untuk mengembalikan kelestarian sungai dengan mengembalikan anak dan cucu sungai dari berbagai pencemaran, mulai dari sampah domestik hingga sampah Industri.

Dansub 6 Peltu Aris Santoso mengatakan, Hari ini, tepat 10 November 2021 diperingati sebagai Hari Pahlawan. Untuk itu, Satgas Citarum Harum memperingatinya dengan membersihkan aliran Sungai dari sampah.

“Di hari pahlawan, Satgas Citarum Sektor 22 Sub 6 bersama Baraya dan Gober bahu membahu melakukan kegiatan pembersihan sampah yang menyumbat di aliran sungai,”kata Peltu Aris di sela sela kegiatan pembersihan Sungai Cikendal, diwilayah Rt. 4 Rw. 1 Kelurahan Cigondewah Kaler Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Rabu (10/11/2021).

Kegiatan ini, menurut Aris, merupakan bagian dari kegiatan rutin Satgas Citarum Harum, dimana kegiatan ini merupakan perjuangan dalam mengembalikan kelestarian alam dan lingkungan.

“Kegiatan pembersihan sampah di sepanjang aliran sungai ini, sebagai upaya untuk mencegah terjadinya banjir, karena saat ini sudah mulai musim penghujan,”katanya.

Pada kesempatan tersebut, Aris menghimbau kepada warga masyarakat, untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah ke sungai.

“Dengan menjaga kebersihan lingkungan juga masyarakat bisa menjadi pahlawan,”ucap Aris.

Sementara itu, Dansub 8 Serma Mikdan bersama warga membersihkan Sungai Cibarani di wilayah RW 10 Kelurahan Hegarmanah kecamatan Cidadap Kota Bandung. Jum’at (10/11/2021)

Ia menegaskan, Satgas Citarum Harum dan pemerintah sudah berupaya maksimal untuk mengatasi sampah.

“Kami rutin setiap hari membersihkan Sungai dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,”ujarnya.

Mikdan mengingatkan, bahwa aliran sungai bukanlah tempat membuang sampah.

“Mari bersama saling peduli dan mengingatkan, jika ada yang membuang sampah di aliran sungai,”ujarnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.