Blog

Subsektor Dayeuhkolot Sektor 7 Satgas Citarum Harum Bangun Rumah Maggot

KAB.BANDUNG-Sub Dayeuhkolot Sektor 7 Satuan Tugas Citarum Harum membangun rumah maggot di Taman Ceria di Bantaran Sungai Citarum RW 04 Kampung Bojongasih Desa Dayeuhkolot, Rabu (7/4/2021). Rumah Maggot yang dibangun ini sangat sederhana hanya berukuran 6 m2.

Untuk diketahui, maggot adalah larva lalat, yang mampu menguraikan sampah organik dengan sangat cepat dalam jumlah besar. Pengembangan maggot menjadi produk olahan pakan ayam, bebek, ikan, dan burung.

Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, proses pembuatan rumah maggot yang dilakukan anggota Sub Sektor Dayeuhkolot dan warga saat ini sedang berjalan dan ditargetkan rampung pekan depan. Dengan demikian, awal pekan depan sudah bisa dioperasionalkan.

“Kedepannya rumah maggot tersebut akan menjadi pengolahan sampah organik yang dihasilkan dari sampah rumah tangga lingkungan RW setempat,”ujar dia saat meninjau pekerjaan yang saat itu dipimpin Dansubsektor Serma Erfin.

Dengan adanya budidaya maggot nantinya masyarakat bisa mengelola sampah rumah tangganya. Sehingga budidaya maggot ini tak hanya berpotensi bisnis, namun juga berpotensi pengembangan ekonomi masyarakat dengan membantu mengatasi masalah lingkungan.

Pembangunan rumah maggot ini, kata dia, selain untuk mengurangi volume sampah yang dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Rajamandala Kabupaten Bandung Barat, kedepannya akan dijadikan budidaya pakan ternak.

“Kualitas pakan ternak dari maggot menghasilkan hasil yang baik dengan protein yang tinggi dibandingkan pakan ternak lainnya,” kata dia.

Menurut Jefson, banyak sampah organik dari rumah tangga tidak bisa dimanfaatkan. Padahal ini bisa dikelola dengan baik dengan cara membuat maggot. Kalau sampah plasik, kertas dan lainnya bisa dijual kembali.

Dia menambahkan, rumah maggot juga disiapkan bank sampah, sehingga sampah dari warga bisa dipilah berdasarkan kategori organik dan non organik. Sampah non organik masih dipilah lagi, yang sekiranya bisa didaur ulang dan dijual kembali maka akan dikumpulkan.

Sebelumnya, pada Selasa 6 April 2021 Kolonel Inf Jefson Marisano sebagai Dan Sektor 7 Satgas Citarum bersama anggota Sub Sektor Andir serta warga masyarakat setempat melaksanakan kegiatan panen bawang merah bertempat di Subsektor Andir Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hal ini merupakan panen bawang merah yang kedua kalinya di bantaran Sungai Citarum tepatnya di Lahan Bios Subsektor Andir.

Adapun hasil panen bawang merah yang didapat dari lahan yang berada di bantaran sungai Citarum Sub Andir mendapatkan hasil lebih kurang 100 Kg.

Dan Sektor 7 bersama-sama masyarakat setempat untuk ikut panen bawang merah agar masyarakat mendapat manfaatnya. Selain itu agar warga mau terlibat dalam menjaga lingkungan sekitar juga aktif dalam hal pemeliharaan sekaligus penanaman.

Penamanan bawang merah yang dilakukan oleh Sub Sektor Andir di bantaran Sungai Citarum bukan hanya sekedar memanfaatkan dan menjaga aliran Sungai Citarum. Hal itu merupakan bagian dari program ketersediaan pangan yang menjadi salah satu sumber kehidupan manusia. Selain itu juga untuk menunjang kebutuhan pangan masyarakat sekitarnya.

Alhasil dari panen tanaman bawang merah ini dapat dinikmati langsung oleh masyarakat sekitar. Dalam waktu yang tidak lama lahan bantaran sungai Sub Andir ini akan melaksanakan panen kacang tanah.(*)

2 Comments

0

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.