Blog

Sungai: Elemen Penting Bagi Kehidupan Manusia

Sejak dari dahulu kala, peradaban manusia tidak bisa dipisahkan dari yang namanya sumber air. Salah satunya ialah sungai, sudah banyak dibuktikan pula oleh para ahli, bahwa pada zaman purba, para manusianya cenderung menetap di dekat aliran sungai. Hal ini menunjukkan bahwa sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Mengutip dari peraturan.bpk.go.id, menurut Peraturan Pemerintah RI nomor 38 tahun 2011 tentang sumber daya alam, sungai diartikan sebagai alur atau wadah air alami dan/atau buatan berupa jaringan pengaliran air beserta air di dalamnya, mulai dari hulu sampai ke muara, dengan dibatasi kanan dan kiri oleh garis sempadan. Sungai juga dapat dikatakan sebagai bagian dataran bumi yang letaknya lebih rendah dari tanah di sekelilingnya yang menjadi wadah mengalirnya air tawa menuju ke laut, danau, rawa, atau langsung ke sistem irigasi warga.

Sudah dijelaskan sebelumnya, sungai memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Dalam satu aliran sungai, biasanya memiliki banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Bukan hanya manfaat pangan saja, tetapi dapat pula memenuhi kebutuhan hidup yang lain. Bahkan, tidak sedikit yang menggantungkan kehidupannya dari sebuah sungai. Berikut telah dirangkum beberapa manfaat sungai bagi kelangsungan hidup manusia.

1. Tempat penampung air hujan
Air hujan yang baru saja turun akan mengendap kemudian mengalir menuju suatu tempat. Air yang memiliki sifat bergerak dari dataran tinggi ke rendah secara alami akan mengalir menuju sungai sebagai saluran air yang terbuka. Hal inilah yang lebih lanjut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui sistem irigasi yang terkoneksi dengan sungai terdekat.

2. Sumber Kehidupan
Dalam suatu sungai terdapat banyak sekali kekayaan hayati yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya ialah terdapatnya ikan-ikan yang ada di sungai, yang mampu dipergunakan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilannya.

3. Sumber Pembangkit Listrik
Biasanya pembangkit listrik tenaga air berlokasi di sungai-sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras. Derasnya air sungai ini mampu menggerakkan turbin pembangkit listrik yang nantinya menghasilkan alur listrik dan siap diedarkan menuju pemukiman penduduk.

4. Sarana Transportasi
Umumnya sungai letaknya memanjang di sepanjang daratan suatu pulau. Bentangan luas inilah yang dapat dimanfaatkan menjadi jalur transportasi air. Di beberapa wilayah seperti Kallimantan dan Sumatera yang terdapat banyak sungai besar, sudah dimanfaatkan sebagai jalur transportasi. Atau sungai dalam kota, seperti yang terdapat di beberapan negara Eropa, selain menjadi jalur transportasi juga sebagai sarana rekreasi wisata setempat.

Beberapa manfaat dan peranan sungai bagi kehidupan manusia tersebut sudah sepatutnya dikembangkan dan dilestarikan keberadaannya. Lebih penting lagi, sungainyalah yang harus dirawat baik-baik secara konsisten. Sebenarnya masih banyak lagi peranan sungai bagi kehidupan manusia, namun dari keempat peranan di atas sudah dapat merangkum semua peranan sungai. Maka dari itu, mari jaga baik-baik sungai dan sumber daya alam di sekitar kita.(f)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.