Blog

Tanggap Darurat Kejadian Banjir di Kecamatan Pebayuran Kabupaten Bekasi

Berita Citarum – Rabu (24/02/2021), Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau langsung lokasi jebolnya tanggul Sungai Citarum yang menimbulkan banjir di Kampung Sumber Urip, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Kejadian ini disebabkan oleh intensitas curah hujan yang tinggi sehingga debit sungai melebihi kapasitas penampang sungai. Tercatat debit Sungai Citarum di bagian hilir mencapai 1.300 m3/det yang berasal dari Sungai Citarum sebesar 100 m3/det, Sungai Cibeet sebesar 900 m3/det dan Sungai Cikao 300 m3/det, sedangkan kapasitas Sungai Citarum hilir sebesar 1.100 m3/det.

Balai Besar Wilayah Sungai Citarum melakukan tanggap darurat dengan mengirimkan alat berat ke lokasi banjir dan membangun tanggul sementara menggunakan geobag untuk mengganti tanggul yang rusak.

Presiden Jokowi menargetkan penanganan darurat tanggul Sungai Citarum dapat diselesaikan dalam dua hari, dan diharapkan banjir dapat segera diatasi. Dalam kunjungan tersebut turut hadir Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Sungai dan Pantai Bob Arthur Lombogia, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Citarum Anang Muchlis.

Suber berita : sda.pu.go.id

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.