Blog

TPS3R Diharapkan Jangan Hanya Jadi Monumen

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 6 berharap pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Reduce-Reuse-Recycle (TPS 3R) tidak hanya jadi monumen. Pemerintah daerah setempat harus menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan TPS3R tersebut. Masyarakat pun harus sadar agar tidak membuang sampah sembarangan termasuk ke badan Sungai Citarum

Demikian diungkapkan Serma Yudi, Danki Satgas Citarum Sektor 6 saat meninjau pembangunan TPS3R di Kampung Cimaung Lembang, Desa Bojosari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Senin (7/6/2021).

“Kami akan kawal pembangunan TPS yang sudah dimulai ini, terima kasih pemerintah pusat yang telah membantu membangun TPS3R di sini,”ujar Yudi.

“Harapan kami TPS3R ini tidak akan jadi monumen saja tapi benar-benar digunakan masyarkakat Desa Bojongsari ini untuk pengelolaan sampah mereka,”tuturnya melanjutkan.

Dengan adanya TPS3R tersebut, Yudi berharap warga tidak lagi membuang sampah sembarangan di badan sungai maupun ke Sungai Citarum langsung. Selama ini perilaku buruk tersebut masih ditemukan oleh Sektor 6.

“Alhamdulillah TPS3R ini dalam proses pembangunan, kalau sudah selesai, segera gunakan oleh warga agar tidak terjadi penumpukkan sampah dan sampah dilempar ke sungai. Pak Presiden dalam Perpres 15/20218 sudah jelas mengarahkan jangan buang sampah ke sungai lagi,”ujar dia.

Untuk diketahui, TPS 3R tersebut akan melayani pengolahan sampah 210 KK. TPS akan dibangun dalam jangka waktu 90 hari dengan menelan biaya dari Kementerian PUPR senilai Rp 600 juta yang dikerjakan oleh KSM Berkah Sari.

Kepala Desa Bojongsari Asep Sunandar berterima kasih atas bantuan dari PUPR tersebut.

“Bangunan ini akan bermanfaat bagi 210 kk kami dan kami siap bersinergi dengan progam Citarum Harum,”tuturnya.

Fery Hermansyah pelaksana lapangan menambahkan, pihaknya akan melaksanakan pengerjaan proyek sesuai aturan tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.