Blog

Tumpukan Sampah di Bantaran Sungai Ciwidey, Sektor 21 Siapkan Pagar dan Pohon

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 melakukan pembersihan sampah di sepanjang bantaran Sungai Ciwidey (anak Sungai Citarum) di Desa Sukajadi, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung, Kamis (29/7/2021). Sampah yang menumpuk cukup mengganggu pemandangan dan menyempitkan jalan yang kerap dilalui warga.

Sampah yang terdiri dari sampah organik berupa daun dan belukar maupun sampah rumah tangga itu dibersihkan oleh anggota Subsektor 12 Sektor 21 di bawah pimpinan Serka Haerul bersama warga setempat, komunitas Bale Bambu, aparat desa dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung.

Sampah sebagian dibakar ditempat dan sebagian diangkut ke tempat penampungan sampah sementara.

Haerul mengatakan, tumpukan sampah yang memanjang di sepanjang bantaran Sungai Ciwidey tersebut diperkirakan sepanjang 100 meter. Pihak akan menangani tumpukan sampah tersebut secara bertahap.

β€œTahap pertama, kita bakar sebagian sampah dan mengangkat sampah ke penampungan sampah cuma memang karena tidak ada pengelolaan jadi kurang maksimal penampungannya,”ujar Haerul.

Usai dibersihkan, pihaknya segera melakukan tindak lanjut agar pelaku pembuang sampah tidak lagi mengulangi tindakan tidak terpuji tersebut. Rencananya sektor 21 akan memasang pagar dan menanam pohon keras di sepanjang pinggir sungai yang sebelumnya dipenuhi tumpukan sampah tersebut.

β€œRencana kita untuk yang di pinggir sungai ini kita akan ratakan, kita akan tanami pohon dan kita akan pagari jadi supaya yang membuang sampah ke tempat tampungan yang sudah disediakan tidak lagi di pinggir sungai,”kata dia.

Haerul menambahkan, Sektor 21 sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melanjutkan pembersi sampah dalam waktu dekat ini sekaligus menanam pohon keras di bibir sungai.

“Untuk pagar kita siapkan pagar bambu biar yang buang sampah ke bak penampungan yang sudah ada. Untuk pohon tadi dari desa juga tidak ada keberatan. Bila ada kendala hal-hal yang lain kita koordinasikan lagi untuk menunjang kegiatan pembersihan selanjutnya,” ujarnya. (*)

No Comment

No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.