Blog

Usai Hujan Deras, Dansektor Pantau Genangan Air di Sekitar Sektor 7

KABUPATEN BANDUNG – Hujan Sabtu malam (3/12/2022) yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung menyisakan genangan air di beberapa titik. Komandan Sektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Caj (K) Nurjanah Suat pun turun meninjau langsung lokasi genangan di wilayah kerjanya, Minggu (4/12/22).

Berdasarkan laporan Sektor 7, genangan terdapat di wilayah Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung meliputi, Kp. Babakan Sangkuriang Rw. 01 ketinggian air 30-70 cm, Kp. Citeureup Rw. 02, ketinggian air 40-90 cm, Kp. Cilisung Rw.03, ketinggian air 30-80 cm, Kp. Bojong Asih Rw.04, ketinggian air 40- 110 cm, Kp. Bojong Asih Rw 05, ketinggian air 30-80 cm.

Kemudian di Asrama Zipur 3 Rw. 06, Gang Toga Rw. 07, Kp. Bolero Rw 08, Kp. Kaum Rw. 09, ketinggian air 30-60 cm, Kaum Rw.10, ketinggian air 20-40 cm, Kaum Rw. 11, ketinggian air 10-25 cm, Kaum Rw. 12, ketinggian air 20-30 cm, Kp. Cilisung Rw. 13, ketinggian air 10-50 cm, Kp. Bojong Asih Rw 14, ketinggian air 30-80 cm.

“Kami lakukan monitoring untuk memastikan seberapa tinggi air yang kerap menggenangi pemukiman warga, sehing kami bisa mensinergikan dengan program Citarum Harum. Dari hasil pemantauan, air yang ada sudah mulai surut, dan hal tersebut memang tidak berlangsung lama, naiknya cepat surutnya juga cepat tergantung dari aliran air sungai besarnya juga,” ucap Nurjanah.

Menurut dia, area yang terjadi genangan kebanyakan pemukiman dengan posisi lebih rendah dari pada sungai.

“Jika di hubungkan dengan sungai besar, tentunya kami sedang berusaha dan berupaya, melakukan pengerukan agar daya dangkal yang di sebabkan oleh sampah serta sedimentasi di area sungai dapat terus di angkut karena hal tersebut dapat meminimalisir banjir,”ujarnya.

Nurjanah pun mengajak kepada warga masyarakat untuk bisa bersama-sama menuntaskan permasalahan ini, dengan berperan aktif dan ikut serta membersihkan, sampah-sampah yang menjadi sumber penghambat aliran air ke daerah aliran sungai.

“Kedepan, permasalahan yang di hadapi warga masyarakat, semoga bisa teratasi dengan baik dan selain dari itu kami berpesan, mari kita rawat dan jaga kelestarian sungai kita karena sungai adalah sumber kehidupan bagi kita semua,”ucapnya.

Sebelumnya, Sektor 7 Satgas Citarum Harum melakukan sosialisasi kepada warga masyarakat bertepat di Gedung Pengungsian Kantor Desa Dayeuhkolot, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Jum’at (2/12/22).

Dalam paparan progresnya Kolonel Caj (K) Nurjanah menjelaskan terhitung sampai Desember 2022 sampah yang berhasil di angkut sebanyak 26.975 Kg, Sedimentasi sebanuak 27.921 M³ serta pengadaan unit Incenator di TPS3R.

Usai sosialisasi Kolonel Caj (K) Nurjanah Suat menyampakan, intinya bahwa program-program yang sudah di canangkan oleh pemerintah 2022 ini bukan semata-mata tugasnya Satgas tapi ini adalah program yang harus di jalankan oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama masyarakat yang berada di sekitar wilayah sungai.

Progres yang akan di jalankan, lanjutnya, yaitu akan mentertibkan bangunan-bangunan yang ada di sekitar bantaran sungai, yang kedua kita akan mengembalikan tumbuhan-tumbuhan yang berada di sekitar bantaran sungai.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.