Blog

Warga dan Sektor 7 Manfaatkan Bantaran Sungai Untuk Ketahanan Pangan

KAB.BANDUNG-Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 7 manfaatkan bantaran Sungai Citarum untuk ditanami aneka sayuran maupun demplot perikanan. Nantinya hasil panen dapat dimanfaatkan warga sekitar bantaran sungai.


Komandan Sektor 7 Kolonel Infanteri Jefson Marisano menuturkan, pihaknya memanfaatkan lahan bantaran Sungai Citarum di sepanjang 15 Km. Di sisi kiri dan kanan sungai dari ujung jembatan Dayeuhkolot sampai dengan ujung jembatan Cilampeni sebagian besar telah ditanami sayur-sayuran, palawija, apotik hidup, hidroponik dan budi daya ikan oleh anggota Sektor 7 Satgas Citarum dan warga masyarakat sekitar.

“Pemanfaatan lahan di bantaran sungai Citarum ini dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang nanti hasilnya dapat dirasakan oleh warga sekitar juga,” ujar Jefson saat tinjauan, Rabu (17/3/2021).

Adapun lahan bantaran sungai Citarum wilayah Sektor 7 yang sudah ditanami diantaranya sebagai berikut:

1.Sub Sektor Dayeuhkolot menanam Kedelai, kentang, bawang merah, kacang merah dan cabe serta budi daya ikan lele.

2. Sub Sektor Pasawahan menam selada, kacang kedelai, kangkung, terong ungu, bawang daun, kunyit dan kacang merah serta budi daya ikan lele.

3. Sub Sektor Cangkuan Wetan menanam kacang tanah, cabe dan kangkung serta budi daya ikan lele.

4. Sub Sektor Andir menanam bawang merah, kacang merah, cabe, terong ungu, salam, sereh, wortel dan kemangi serta budi daya ikan lele dan belut.

5. Sub Sektor Bojongmalaka menanam kangkung, kacang tanah, sawi dan ubi jalar.

6. Sub Sektor Rancamanyar menanam
a. Hidroponik : sawi dan pakcaow
b. Lahan Bios : terong, cabe, lengkuas, jahe, sereh, panglai, kunyit, kemangi, kangkung, wortel, kentang, bawang merah, bawang daun, kedelai, kacang merah, kacang tanah, ubi dan stroberi.
c. Pembibitan pohon keras : mahoni, nangka, sengon, jengkol, pete, jeruk, pala, albasiah dan kayu putih
d. Budi daya ikan : lele, mas, nila, mujair, patin dan belut.

7. Sub Sektor Sukamukti menanam kacang tanah dan cabe.

8. Sub Sektor Sangkanhurip menanam terong ungu, sawi, kacang tanah, cabe rawit, talas bogor dan bengkuang.

9. Sub Sektor Pangauban menanam cabe, terong ungu, ketimun, tomat, kemangi, labu dan pepaya serta budi daya ikan lele dan ikan gabus.

“Baru-baru ini beberapa Sub Sektor yang sudah melaksanakan panen seperti Sub Sektor Andir panen bawang merah dan Sub Sektor Rancamanyar panen ubi jalar dan kacang tanah. Mereka bersama warga menikmati hasil panen dan kemudian melakukan penanaman kembali,”ucap dia. (*)

1 Comment

0
1Comment
  • Tiket Bus

    Semoga Negeri ini, Khususnya Daerah kita bisa mandiri untuk ketahanan pangan. Karena kedepannya ketahanan pangan sebuah daerahlah yang sangat mempengaruhi kehidupan didaerah tersebut. Ini adalah program yang bagus. dan perlu didukung dari semua stakeholder.

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.