Blog

Warung Sehat 1.000 Kebun, Jaga Kesehatan, Jaga Lingkungan

Seiring dengan perkembangan zaman, pola hidup juga semakin berubah. Munculnya makanan cepat saji atau fast food yang lebih disukai oleh masyarakat menyebabkan masyarakat mudah terkena penyakit.

Dikutip dari kemkes.go.id bahwa riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018 menunjukkan bahwa 95,5% masyarakat Indonesia kurang mengonsumsi sayur dan buah. Kemudian 33,5% masyarakat kurang aktivitas fisik, 29,3% masyarakat usia produktif merokok setiap hari, 31% mengalami obesitas sentral serta 21,8% terjadi obesitas pada dewasa.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan saat ini mulai bermunculan. Beberapa di antaranya melakukan kampanye atau semacam ajakan untuk menerapkan hidup sehat.

Seperti halnya Warung 1.000 Kebun di Jalan Boling, Arcamanik Kota Bandung.

Warung 1000 kebun merupakan salah satu toko organik yang membantu masyarakat untuk lebih sadar akan pentingnya memiliki pola hidup yang sehat. Warung 1.000 Kebun toko yang dibangun pada akhir Desember 2017 itu sebagai wadah untuk para UMKM serta masyarakat yang ingin menjual hasil kebunnya dengan jumlah yang tidak banyak.

“ Tujuan warung 1000 kebun ini adalah sebagai wadah untuk menyalurkan hasil- hasil produk pertanian artisan lokal atau masyarakat yang memiliki hasil kebun dengan kapasitas yang sedikit baik segar maupun olahan, selain itu juga sebagai edukasi masyarakat atau siapapun mengenai pangan yang sehat serta cara mengolahnya” tutur Ali selaku koordinator Warung 1.000 Kebun belum lama ini.

Menurut Ali, selain bermanfaat untuk tubuh, buah-buahan dan sayur yang organik juga bermanfaat untuk lingkungan sekitar. Buah-buahan serta sayuran organik akan membuat tanah menjadi subur dan sebaliknya jika sayur-sayuran yang ditumbuhkan oleh bahan kimia akan membuat tanah tanah menjadi tidak subur.

Tidak hanya mendukung hidup sehat, Warung 1.000 Kebun juga mendukung gerakan zerowaste (nol sampah).

“Kami juga menjual serta menyediakan barang-barang untuk pengolahan sampah dan kita edukasi supaya mereka bisa mengolah sampah terutama yang organik,” ujar Ali.

“Untuk sampah non-organik kami sarankan untuk dikurangi, namun jika tidak bisa kami menyarankan untuk diberikan kepada bank sampah ataupun sedekah pemulung agar bisa diolah kembali menjadi biji plastik, ”ujar Ali menambahkan.

Warung 1.000 Kebun memiliki banyak manfaat untuk masyarakat terutama dalam menjaga kesehatan serta lingkungan. (Sals)

No Comment

4
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.