Blog

World Cleanup Day di Jabar Sukses  

KOTA BANDUNG – Kegiatan World Cleanup Day pada Sabtu 17 September kemarin di Jawa Barat berlangsung sukses. Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Lingkungan Hidup Jabar memperingati hari Bebersih Sedunia tersebut berkolaborasi dengan WCD Jawa Barat melakukan City Cleanup di Wilayah sekitar Cikapundung Riverspot.

Dikutip dari keterangan akun instagram resmi @dlh_jabar, kegiatan ini diikuti oleh 367 orang Relawan. Total sampah yang terkumpul 1.753,99 Kg sampah anorganik dengan 235.35 Kg sampah terpilah.

Adapun tujuan WCD ini adalah meningkatkan kesadaran atas isu sampah melalui kampanye aksi cleanup agar masyarakat lebih sadar bahwa masalah persampahan adalah tanggung jawab semua.

Sementara itu, Pemerintah Kota Bandung menggelar Bebersih Bandung Jilid 4. Ribuan warga Kota Bandung turun ke jalan yang tersebar di 30 kecamatan dan 151 kelurahan se-Kota Bandung.

Kegiatan Bebersih Bandung Jilid 4 berpusat di Alun-alun Kota Bandung dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna.

Ema menyebut kegiatan ini merupakan bagian dari ikhtiar mengisi rangkaian Hari Jadi ke-212 Kota Bandung.

“Kita ingin melihat kota Bandung jauh lebih baik dari hari kemarin. Persiapkan di masa yang akan datang dan selamamya dengan koridor tertib bersih dan indah,” ucap Ema.

Bebersih Bandung Jilid 4 diisi oleh kegiatan pembersihan ruas jalan, drainase, dan juga bagian gedung-gedung dari vandalisme.

Ema menyebut, acara ini mendapat atensi dari berbagai lapisan masyarakat. Lebih spesial lagi, acara ini dihadiri anggota DPRD Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Harris Bobihoe.

“Juga sudah secara simbolis memberikan bantuan cat menunjang operasional kawan-kawan melakukan pembersihan dan pengecatan di lapangan,” katanya.

“Termasuk juga nanti ada gerakan bebersih semua selter yang ada di Kota Bandung. Kita perbaiki penanganan sampah-sampah yang ada di pasar,” kata Ema melanjutkan.

Sebagai penutup, Ema berharap Bandung Bebersih tidak berhenti sebatas ajang selebrasi.

Namun juga bisa terus menjadi kegiatan yang berkesinambungan untuk menghadirkan Kota Bandung jauh lebih baik.

“Mudah-mudahan ini bisa jadi momentum yang bisa kita manfaatkan. Hari ini harus jauh lebih baik dari hari kemarin,” ucapnya.

Sementara itu, di Kabupaten Bandung Wabup Bandung Sahrul Gunawan Bersama Sektor 6 Citarum Harum mengajak warga kerja bakti di Desa Bojongsari Kabupaten Bandung.

Dikutip dari akun Instagram @infotidayeuhkolot, menurut Danki Sektor 6 Serma Guruh upaya untuk merubah mindset masyarakat agar peduli terhadap lingkungan sangatlah sulit.

“Target kita pak merubah mindset yang tadinya tidak peduli menjadi peduli bagiamana caranya memang begitu sulit” Ujar Danki Sektor 6 Serma Guruh

la menambahkan apabila ada koordinasi dengan pemerintah setempat dan digandeng dengan pimpinannya warga sekitar bisa digerakan untuk menjaga lingkungan.

Terlihat Wabup Bandung Kerja bakti membersihkan sungai bersama warga dan anggota Sektor 6 Citarum Harum yang berada di Desa Bojongsari,sampah yang diangkut berupa potongan kayu dan plastik disinyalir menjadi penghambat air mengalir di sungai.

“Sinergi yang cukup baik dan untuk menyadarkan warga bukan hal yang mudah harus terus menerus,mudah-mudahan kegiatan ini berlangsung terus dan menjadi kebiasaan warga terutama membiasakan tidak membuang sampah ke kali” ucap Wabup Bandung Sahrul Gunawan.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.