Blog

Sektor 21 Dukung Sertifikasi Bagi Pengelola dan Operator IPAL

CIMAHI – Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 21 dilibatkan dalam sosialisasi sertifikasi bagi pengelola dan operator IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) yang dilaksanakan oleh Pemkot Cimahi pada Kamis (17/2/2022).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana, yang diwakili oleh Drs Achmad Nuryana, turut dihadiri DLH Kota Cimahi, LSP/BNSP, APINDO Kota Cimahi, pelaku usaha, dan narasumber dari PT Karya Mandiri.

Komandan Sektor 21 Satgas Citarum Kolonel Arh Wahyu Jiantono pada sambutannya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kompetensi pengelola dan operator IPAL industri yang diharapkan berdampak positif dalam sinergitasnya pada percepatan program Citarum Harum.

“Sungai Citarum sempat jadi sungai terkotor sedunia akibat pencemaran, kini Satgas Citarum terus berbenah agar kondisi Citarum terus membaik,”katanya.

Terkait dengan IPAL, Wahyu tegas IPAL menjadi keharusan pelaku industri dalam mengelola limbah mereka sebelum dibuang ke sungai. Kepada industri pihaknya selalu menjalin komunikasi mengenai pentingnya menjaga lingkungan.

Menurut dia, upaya pelaku industri mengelola lingkungan menjadi lebih baik bisa ditunjukkan dengan cara mampu mengelola limbah produksi sesuai baku mutu yang ditetapkan.

“Untuk menciptakan hal tersebut maka setiap industri memiliki pengolahan limbah atau IPAL yang baik. Dari segi operasional dan metode pengolahan yang optimal,”ujarnya.(*)

No Comment

1
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.