Blog

Sektor 23 Gelar Penyiangan Serentak

KAB.BANDUNG- Satuan Tugas Citarum Harum Sektor 23 melakukan penyiangan serentak di posko-posko Sektor 23 pada Kamis (20/10/2020). Penyiangan merupakan suatu kegiatan mencabut gulma yang berada di antara sela-sela tanaman pertanian dan sekaligus menggemburkan tanah. Gulma adalah tumbuhan yang kehadirannya tidak diinginkan pada lahan pertanian karena menurunkan hasil yang bisa dicapai oleh tanaman produksi.

Pelaksanaan penyiangan dipimpin langsung oleh setiap komandan kelompoknya masing-masing seperti di kelompok buah, kopi dan kayu keras yang dilakukan oleh anggota Sektor 23 Pembibitan dan masyarakat.

Serka Yunadi, Batih Sektor 23/Pembibitan menuturkan, penyiangan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah secara manual dengan tangan, mencabut rumput yang tumbuh disela-sela tanaman.

“Yang kedua, secara kimiawi dengan herbisida. Herbisida yang di pilih secara selektif mampu membunuh gulma namun tidak menyakiti tanamn produksi,” tuturnya.

Yang ketiga, secara mekanis dengan mesin. Berbagai mesin pertanian dapat digunakan untuk melakukan penyiangan tanpa merusak tanaman produksi jika tanaman pada alur yang tepat.

“Penyiangan ini harus dilaksanakan setiap hari guna memudahkan akar tanaman masuk tanah dan memudahkan akar menyerap nutrisi sehingga tanaman menjadi lebih subur dan mengurangi kemungkinan tanaman sakit “ujarnya.

Dengan melaksanakan penyiangan diharapkan bibit tanaman dapat tumbuh subur, mengurangi hambatan produksi anakan dan mengurangi kemungkinan tanaman sakit. Nantinya akan mendukung tanaman subur lebih cepat.

“Selanjutnya setelah penyiangan bibit tanaman dapat ditanam di lahan kritis di sekitar Gunung Wayang Windu,”ucapnya.(*)

No Comment

0
No Comments

Post a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.